Translate

Pembaca

Online

MARI BERGABUNG






Pendahuluan
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wa Barokatuh
Segala Puji hanya bagi Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun E-book Komik Islami ini. Semoga sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan nabi kita Nabi Agung Muhammad Shalallahu’alaihi wassalam.
Bagi anak-anak generasi tahun 70-an sampai 90-an (semacam saya ini hehehe..) kalau ditanya komik apa paling membuat “terngiang-ngiang”, komik apa yang paling membekas seumur hidup, maka saya akan menjawab komik “gambaran surga dan neraka” . Siapa yang tak terkenang, tubuh-tubuh telanjang dibenamkan ke air mendidih dan sungai darah campur nanah, lidah digunting, kepala disiram timah panas, digigit kalajengking dan ular raksasa, dan macam-macam siksaan lain. Tak terbayangkan, komik menyeramkan seperti itu justru banyak dikonsumsi anak-anak kecil di masa itu. Sebelum menulis artkel ini, saya bertanya pada rekan sekerja apa mereka kenal komik surga-neraka. Semuanya, kawan-kawan kantor saya rata-rata mengalami masa kanak-kanak 1980-an dan 1990-an, mengaku mengenal komik itu dan punya kenangan buruk masing-masing. Seorang kawan mengatakan komik itu diajarkan khusus di tempatnya mengaji. "Nanti begini ini siksa neraka," kata seorang kawan saya menirukan guru mengajinya ketika kecil. Hasilnya efektif, ia ketakutan. Dan katanya “ baik pak Ustadz saya janji gak mau berbuat dosa”. Hehehe...
 ternyata cuman sekedar komik bisa jadi bahan pendidikan yang efektif bagi anak-anak jaman dulu. Kalau dibandingkan dengan anak sekarang  saya hanya bisa geleng-geleng kepala. Karena bacaan anak sekarang tidak “se-klassik” anak jaman dahulu. Komik satu biji “dikeroyok”  rame-rame satu kelas sampai ludes karena keseringan dibaca. Beda sekali dengan keadaan buku-buku atau komik jaman sekarang. Kalau buku anak-anak sekarang terlihat rapi dan kelihatan masih baru karena tidak pernah dibaca karena anak sekarang masing-masing punya komputer atau Hp dirumahnya sehingga lebih enak main internet daripada membaca buku. Kalau komik anak-anak sekarang isinya cuman sekedar hiburan bahkan ada adegan-adegan sadis sama cium-ciuman. Pantes anak sekarang bandel-bandel lha wong bacaanya kayak gitu.
Komik surga-neraka tipis saja. Dicetak dalam kertas koran murahan. Hanya covernya yang berwarna. Sampulnya kadang bekas kalender. Tapi jangan lihat tampilannya lihatlah isisnya karena biarpun begitu komik ini punya pengaruh yang banyak pada saat itu. Saat majalah Islam Madina (edisi Agustus 2009) membuat laporan 100 Buku Islam Paling Berpengaruh, redaksinya tak lupa mencantumkan komik surga-neraka sebagai yang patut disebut. Dikatakan sebagai, "Genre komik yang memberi mimpi buruk banyak anak Indonesia sejak 1970-an. Salah satu komikus terkenalnya adalah Tatang S (yang biasa membuat komik Petruk-Gareng). Terkenal karena gambaran adegan siksaan neraka yang gamblang."
Komik ini bercertita tentang perjalanan hidup 2 anak manusia yang berbeda kondisi hidupnya dari lahir sampai mati. Yang satu terlahir dari orang tua yang kaya raya namun dimanja kecilnya dan kurang pendidikan agama oleh orang tuanya sehingga menjadi anak yang bandel dan rusak moralnya. Sampai ketika dia dewasa semakin bertambah parah kemaksiatannya sehingga pada saat matinya dalam kondisi yang mengenaskan karena dicabut oleh malaikat dengan keras.Lalu setelah mengalami hari kebangkitan dan hari perhitungan amal yang sangat ketat oleh Allah. Maka seorang ahli maksiat pasti mendapatkan balasan yang setimpal yaitu siksa neraka yang menyala-nyala. Berbeda dengan orang yang kedua yang terlahir dari anak orang miskin setiap harinya selalu diajari mengaji dan ilmu-ilmu agama oleh orang tuanya sehingga ketika dewasa dia menjadi orang yang benar akhlaqnya dan baik budi pekertinya, kepada orang yang tidak mampu dia suka menolong. Lalu pada saat kematiannya dia dijemput malaikat maut dalam keadaan khusnul khotimah. Lalu setelah mengalami hari kebangkitan dan diadili, Allah memasukkannya kedalam surga yang damai sejahtera nan abadi. Itulah balasan bagi orang yang beramal sholih, sabar dalam penderitaan dan gemar menolong kepada sesama manusia.
Akhir kata kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan komik sederhana ini. Semoga banyak bermanfaat dan berkah amiin.

 



1 comments:

Poskan Komentar

Kitab Shahih© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com